Pandemi, penyewa perkecil area kantor hingga 30%

Perusahaan pengguna kantor fokus mempertahankan keuntungan sehingga mempertimbangkan kembali kebutuhan ruang kantor.

Ilustrasi ruang perkantoran. Foto Pixabay.

Lembaga internasional Colliers International Group Inc. merilis laporan mengenai transformasi area kerja. Head of Office Services of Colliers International Indonesia Bagus Adikusumo mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah banyak aspek dalam skala global, termasuk lanskap area kerja. 

Saat ini, bentuk area kerja bisa lebih fleksibel, di mana orang dapat memilih bekerja dari luar kantor selama masih sesuai dengan kebijakan perusahaan.

"Dengan efisiensi biaya hunian karena bekerja dari rumah, hal pertama yang akan terjadi adalah negosiasi ulang kontrak sewa, dengan kemungkinan adanya pengurangan area sewa dan pembaruan sewa yang lebih awal," kata Bagus dalam keterangan tertulis, Senin (22/2).

Saat ini, tujuan perusahaan adalah mempertahankan keuntungan dan memastikan keberlanjutan perusahaan. Dalam masa yang tidak pasti seperti sekarang, dia bilang, perusahaan perlu mengadopsi strategi yang tepat dan sejalan dengan prospek bisnis dan sumber daya yang tersedia.

Menurutnya, untuk alasan kesehatan dan keselamatan, banyak perusahaan yang menyadari bahwa melalui teknologi, bisnis dapat terus beroperasi tanpa mengharuskan semua karyawan melakukan pelaporan langsung ke kantor.