Pasokan aman, Bulog tak impor daging sapi hingga akhir 2019

Selain karena pertimbangan stok daging masih aman hingga akhir tahun, Budi juga melihat harga daging masih stabil.

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) tidak akan melakukan impor daging sapi hingga akhir 2019 karena pasokan masih aman. / Antara Foto

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) tidak akan melakukan impor daging sapi hingga akhir 2019 karena pasokan masih aman.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso atau Buwas mengatakan BUMN lain telah melakukan impor daging sapi seperti Berdikari dan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

"Untuk daging sapi masih sangat cukup. PPI dan PT Berdikari juga menyiapkan daging. Karena ini kami stop, stoknya sudah banyak," kata Buwas di Jakarta, Selasa (12/11).

Selain karena pertimbangan stok daging masih aman hingga akhir tahun, Budi juga melihat harga daging masih stabil. Sehingga, kebijakan impor komoditas pangan tersebut tak dilakukan.

Apabila impor dilakukan, Budi mengatakan, akan ada beberapa konsekuensi yang mesti ditanggung pemerintah. Pertama, akan ada kelebihan stok daging sapi yang akan memengaruhi kestabilan harga. Selain itu, impor daging sapi juga dinilai bisa merugikan produk daging lokal.