Pefindo berpotensi turunkan kembali rating Agung Podomoro

Pefindo menilai PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) berpotensi kembali gagal bayar utang pada September 2019.

Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengungkapkan adanya potensi gagal bayar PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) kembali pada September 2019. / APLN

Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) mengungkapkan adanya potensi gagal bayar PT Agung Podomoro Land Tbk. (APLN) kembali pada September 2019.

Analis Pefindo Yogie Perdana mengatakan, karena hal tersebut, Pefindo kemungkinan kembali menurunkan rating APLN dalam waktu tiga bulan mendatang. 

"Kalau langkah-langkah pelunasan yang diambil APLN belum konkrit, ratingnya bisa kami turunkan lagi," ujar Yogie di Jakarta, Kamis (15/8).

Untuk saat ini, lanjut Yogie, Pefindo mengkhawatirkan fasilitas kredit sindikasi untuk APLN sebesar Rp1,3 triliun karena salah satu bank mundur dari keikutsertaannya dalam sindikasi. Padahal, APLN harus melunasi utang yang jatuh tempo pada Juni 2019, setelah dipercepat dari Juni 2020.

"Fasilitas itu jadi tidak ada karena bank ini mau mengurangi eksposure karena kondisi politik Indonesia yang saat itu kurang kondusif. APLN pun tidak punya uang untuk membayar Rp1,3 triliun," kata Yogie.