Pelantikan kabinet Jokowi bikin pasar keuangan bergairah

IHSG dan rupiah kompak menguat merespons pelantikan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin.

IHSG dan rupiah kompak menguat merespons pelantikan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin. / Antara Foto

Pelantikan menteri dan pejabat setingkat menteri Kabinet Indonesia Maju yang dilaksanakan pada Rabu (23/10) disambut positif di pasar finansial Indonesia. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,52% ke level 6257,8. Sementara, berdasarkan pasar spot, kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat pada level Rp14.051.

Kepala Makroekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management (BTIM), Budi Hikmat, mengatakan pasar bereaksi positif baik pada komposisi anggota kabinet, maupun pesan dan perintah yang disampaikan oleh Presiden Jokowi pada saat perkenalan tadi pagi.

“Ditetapkan kembali ibu Sri Mulyani sebagai menteri keuangan menjadi jaminan kebijakan fiskal yang berhati-hati yang sejauh ini paling diapresiasi investor melalui survei Global Competitiveness Index," ujar Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Selasa (23/10).

Budi melanjutkan, dengan posisi neraca berjalan yang defisit, Indonesia membutuhkan pembiayaan yang berasal dari investor asing. Investor internasional, lanjut Budi, juga mengakui ada perbaikan kualitas infrastruktur yang menjadi fokus pemerintahan Presiden Jokowi periode pertama. 

"Pada periode kedua, pemerintah diharapkan fokus mengatasi berbagai tantangan penting yang meliputi reformasi pasar tenaga kerja dan penguatan kualitas sumber daya manusia yang inovatif dan mumpuni dalam bidang teknologi informasi. Investor juga menanti penguatan infrastruktur dasar seperti air, listrik dan gas," tutur Budi.