Peluang penurunan suku bunga The Fed menguat

Para pejabat Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve melihat penilaian untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat telah menguat.

Para pejabat Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve melihat penilaian untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat telah menguat. / Reuters

Para pejabat Bank Sentral Amerika Serikat Federal Reserve melihat penilaian untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat telah menguat.

"Hampir semua peserta telah merevisi penilaian mereka tentang jalur yang tepat untuk suku bunga federal fund selama periode proyeksi," kata risalah pertemuan kebijakan 18-19 Juni yang dirilis pada Rabu (10/7/2019). Ditambahkan, "banyak peserta menunjukkan bahwa kasus untuk kebijakan yang agak lebih akomodatif telah menguat."

Delapan dari 17 pejabat Fed memperkirakan bank sentral akan menurunkan suku bunga pada akhir tahun ini, sementara delapan pejabat lainnya melihat tidak ada perubahan dan satu memproyeksikan kenaikan suku bunga, menurut perkiraan triwulanan terbaru dari suku bunga federal fund yang dirilis bulan lalu.

"Banyak yang menilai akomodasi kebijakan moneter tambahan akan dijamin dalam waktu dekat jika perkembangan terbaru ini terbukti berkelanjutan dan terus membebani prospek ekonomi," kata risalah.

Beberapa pejabat Fed mencatat bahwa penurunan suku bunga jangka pendek adalah "tepat" dari perspektif manajemen risiko karena "dapat membantu meredam dampak dari kemungkinan guncangan buruk di masa depan terhadap perekonomian."