Pemerintah gelontorkan Rp34 miliar untuk angkutan mudik gratis

Anggaran ini naik dari tahun lalu sebesar Rp27 miliar, karena jumlah armada yang disediakan juga meningkat.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan anggaran sebesar Rp34 miliar untuk angkutan mudik gratis Idul Fitri pada 2019. / Antara Foto

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengalokasikan anggaran sebesar Rp34 miliar untuk angkutan mudik gratis Idul Fitri pada 2019. Anggaran ini naik dari tahun lalu sebesar Rp27 miliar, karena jumlah armada yang disediakan juga meningkat.

"Sejalan dengan peningkatan armada dan jumlah kota tujuan mudik, anggarannya juga bertambah. Tahun lalu Rp27 miliar, tahun ini menggunakan anggaran Rp34 miliar," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (19/3). 

Menurut Budi, Kemenhub menyiapkan 1.200 bus untuk mengangkut 54.000 orang yang akan pulang ke kampung halaman pada masa mudik Idul Fithri 2019. 

Budi mengatakan ketersedian bus mudik gratis tahun ini naik dibandingkan tahun lalu yang hanya tersedia 1.073 bus. Selain itu, juga ada kenaikan 18% target jumlah penumpang dibandingkan tahun lalu yang hanya berjumlah 44.000 pemudik. 

"Harapannya dengan adanya mudik gratis ini bisa mengurangi kendaraan pribadai terutama sepeda motor karena rawan kecelakaan dan juga kasihan dengan jarak tempuh yang jauh," kata Budi Setiadi di kantornya, Selasa (19/3).