Pemerintah luncurkan bus Damri Bandara Kulon Progo-Borobudur

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp9 miliar untuk angkutan antarmoda Bandara Kulon Progo-Borobudur.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi saat peluncuran Angkutan Antarmoda Bandara YIA dan KSPN Borobudur di Sleman City Hall, Yogyakarta (30/1/2020). Dokumentasi Kementerian Perhubungan.

Kementerian Perhubungan dan Perum Damri meluncurkan layanan bus rute Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Kulon Progo ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp9 miliar pada tahun ini untuk angkutan antarmoda tersebut. Sehingga, nantinya masyarakat hanya membayar tarif Damri Bandara Yogyakarta-Borobudur sebesar Rp25.000.

"Dengan adanya angkutan antarmoda ini diharapkan ada konektivitas antara Bandara YIA dengan KSPN Borobudur. Hal ini sesuai kebijakan pemerintah dan arahan Presiden Joko Widodo, bahwa KSPN super prioritas harus didukung penuh,” kata Budi dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis (30/1).

Budi mengatakan bus akan berangkat setiap 20-30 menit sekali. Hal ini merupayakan upaya untuk membuat konsumen nyaman. Menurut dia, jeda waktu antara keberangkatan satu bus dengan selanjutnya (headway) tidak bisa lebih dari 30 menit.

“Untuk menarik minat masyarakat menggunakan angkutan antarmoda ini, selain subsidi perlu juga membangun kepercayaan masyarakat bahwa angkutan ini ada terus," kata Budi.