Pemerintah pastikan inflasi pada 2019 terjaga di level 3,5%

Pemerintah yakin inflasi terjaga dengan melihat kondisi inflasi pada semester I-2019.

Pemerintah memastikan tingkat inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) sepanjang 2019 tetap terjaga atau berada di kisaran 3,5%.  / Antara Foto

Pemerintah memastikan tingkat inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) sepanjang 2019 tetap terjaga atau berada di kisaran 3,5%. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan keyakinan ini karena melihat realisasi inflasi selama semester I-2019 terjaga pada tingkat 3,28% (yoy) dan 2,05% (ytd), atau masih terkendali sesuai dengan target sasaran tahun 2019.

“Secara spasial, inflasi daerah juga terkendali,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution saat memimpin High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) di Jakarta, Rabu (10/7).

Menurutnya, realisasi inflasi semester I-2019 dapat terjaga di tingkat daerah hingga nasional disebabkan oleh konsistensi seluruh elemen Tim Pengendalian Inflasi Nasional dalam menjalankan strategi kebijakan 4K, yakni Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang Efektif serta mengimplementasikan peta jalan pengendalian inflasi tahun 2019-2021. 

“Serangkaian kebijakan penurunan tarif angkutan udara juga telah memberikan kontribusi terjaganya inflasi dalam periode Ramadan dan Lebaran 2019, serta semester I-2019,” ujar Darmin.  

Darmin juga menjelaskan, pihaknya bersama Bank Indonesia telah menginventarisasi beberapa tantangan dalam rangka pencapaian sasaran inflasi 2019. Salah satunya, potensi kemarau panjang dan tantangan dalam menjaga ketersediaan pangan pokok antar waktu dan antar wilayah.