Pemerintah siapkan stimulus agar kelas menengah berwisata

Stimulus tersebut untuk mendukung konsumsi di kuartal ketiga.

Pekerja mengepel lantai pada salah satu hotel di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (12/4). Foto Antara/Arif Firmansyah/foc.

Kendati pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, namun pemerintah mengaku sedang merancang stimulus pascapandemi Covid-19 yang ditujukan kepada kelas menengah ke atas, dalam bentuk paket pariwisata, voucher belanja dan makanan di restoran, serta diskon transportasi.

"Misalnya kalau nanti PSBB sudah bisa direlaksasi sedikit, mungkin orang sudah mau mulai jalan- jalan. Oleh karena itu, kami akan memberikan stimulus konsumsi untuk kelas menengah," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu, dalam video conference, Rabu (13/5).

Stimulus tersebut untuk mendukung konsumsi di kuartal ketiga, di tengah perlambatan konsumsi yang telah terjadi di kuartal pertama, dan yang terjadi di kuartal kedua.

"Kuartal ketiga 2020, pasti sudah enggak sabar ingin jalan-jalan. Untuk itu, kami menyiapkan sejumlah stimulus pariwisata restoran dan transportasi," ujarnya.

Adapun total anggaran yang disiapkan untuk stimulus pascacorona ini adalah sebesar Rp25 triliun untuk aggregate demand berupa paket pariwisata dan voucher makanan melalui online.