Pemerintah dan swasta bahu-membahu cetak 9 juta talenta digital Indonesia

Pemerintah dan swasta berkolaborasi menciptakan program-program untuk mempercepat transformasi digital.

Ilustrasi. Alinea.id/Enrico P. W.

Lulus dari jurusan unggulan di Perguruan Tinggi Raharja Tangerang, yakni Multimedia, Audio Visual dan Broadcasting Program Studi Teknik Informatika dan Komunikasi, rupanya tak membuat jalan Jayendra Fahlevi Firdaus untuk menemukan pekerjaan di tengah pandemi Covid-19 mulus.

Berbagai perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau sektor lain telah dijajalnya, namun tak juga membuahkan hasil.

Berbuah informasi yang didapatkannya saat menjelajah dunia maya, Jayendra akhirnya iseng-iseng mendaftar Pelatihan Fresh Graduate Academy Digital Talent Scholarship (FGA DTS) 2020, setelah merampungkan studinya pada pertengahan tahun 2020. 

“Waktu itu pencarian soal DTS ada di 10 besar teratas di Google. Akhirnya saya masuk, saya coba daftar, dan ikuti setiap tahap prosesnya,” ujarnya, kepada Alinea.id, Kamis (5/8).

Keberuntungan pun berada di pihak laki-laki kelahiran Tangerang, 18 Juli 1997 itu. Meski tak begitu berharap, Jayendra lolos program yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) dengan spesialisasi pelatihan cloud computing atau komputasi awan.