Penataan beres, perekonomian Brebes-Cirebon diharap membaik

Demikian disampaikan Gubernur Ridwan Kamil atas selesainya penataan Jalan Kapten Piere Tendean yang menghubungkan Kabupaten Cirebon-Brebes.

Penampakan Jalan Kapten Piere Tendean yang menghubungkan Kabupaten Cirebon, Jabar, dengan Brebes, Jateng, usai ditata, Jumat (4/2/2022). Dokumentasi Pemprov Jabar

Jalan penghubung Jawa Barat (Jabar)-Jawa Tengah (Jateng) di Ciledug, Kabupaten Cirebon, dengan Kabupaten Brebes dinilai akan meningkatkan perekonomian kedua wilayah dan menguatkan rasa persatuan.

"Saya yakin, ekonomi di perbatasan akan meningkat dan menguatkan rasa persatuan dua provinsi yang saling mendukung ini," ujar Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, saat meresmikan jaban penghubungan itu, Jumat (4/2).

Ruas jalan sepanjang 1,2 km bernama Jalan Kapten Piere Tendean ini mulanya memiliki lebar 6 meter. Imbasnya, arus barang kedua wilayah sering terhambat.

Setelah penataan, lebar jalan menjadi 10-12 meter. Pun dilengkapi pedestrian yang nyaman dan penerangan jalan umum (PJU). 
Penataan infrastruktur dasar yang melintasi Sungai Cisanggarung tersebut menelan biaya Rp9,7 miliar, yang berasal dari APBD Jabar.

Kang Emil, sapaannya, menambahkan, "Bumi Pasundan" memiliki 297 ruas jalan dengan panjang 2.360 km. Terdapat pula 1.295 jembatan di bawah kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar.