Pengguna perbankan digital menunjukkan peningkatan

Beberapa faktor bersinergi bersama mempercepat peningkatan tersebut di antaranya pertumbuhan pengguna smartphone dan internet

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan (kedua kiri) berdialog dengan Rektor Universitas Atmajaya Yogyakarta Sri Nurhartanto (kanan) saat peluncuran Digital Lounge @campus di Universitas Atmajaya Yogyakarta, Senin (11/2)./AntaraFoto

Nasabah yang aktif menggunakan perbankan digital di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu, mencapai 1,6 kali lipat dari 2014 atau setara hingga 58% dari total pemegang rekening bank.

"Beberapa faktor bersinergi bersama mempercepat peningkatan tersebut di antaranya, pertumbuhan pengguna smartphone dan internet serta e-commerce di Indonesia," ujar Partner Indonesia, McKinsey & Company Guillaume de Gantes dalam acara media briefing, di Wisma GKBI, Jakarta Selatan, Senin (11/2).

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan bersama antara Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) dan perusahaan konsultan manajemen bisnis McKinsey & Company, sepanjang tiga tahun terakhir, peningkatan penetrasi nasabah Indonesia kepada sistem perbankan digital tersebut adalah yang tertinggi dibanding negara lain di Asia.

"Rata-rata peningkatan penetrasi di negara-negara maju Asia hanya naik 1,5 kali lipat. Negara-negara berkembang Asia justru hanya menunjukkan peningkatan sebanyak 1,1 kali lipat," paparnya.

Hal ini menunjukkan nasabah Indonesia sangat terbuka dengan peralihan tersebut.