Pengusaha: Pasar mangga gedong gincu ke Jepang terbuka

Pelaku usaha Jepang juga sudah sangat berminat melakukan impor mangga gedong gincu ke negaranya.

CEO PT Minaqu Indonesia Group Ade Wardhana. Foto tangkapan layar YouTube Alinea ID

CEO PT Minaqu Indonesia Group Ade Wardhana menyampaikan, terus mengupayakan agar mangga Indonesia bisa diekspor ke Jepang. Untuk itu, perusahaannya telah menjadi supporting research pada penelitian keberadaan lalat buah di komoditas mangga.

Pihaknya sejak awal sengaja ikut mendorong penelitian untuk komoditas mangga asal nusantara. Lantaran melihat peluang buah tropis asli nusantara sangat terbuka didistribusikan ke sejumlah negara.

“Pasar mangga gedong gincu terbuka, khususnya ke negara Jepang. Mudah-mudahan ada semacam solusi konstruktif, hubungan antara Kementerian Pertanian dengan supporting dari tim Badan Karantina, Injabar Unpad, para pelaku usaha pertanian, dinas di Sumedang, dan pelaku usaha Indonesia sendiri,” ucapnya, dalam diskusi online, Kamis (8/12).

Dia juga berencana melakukan pertemuan dengan pelaku usaha Jepang pada Januari. Pada kesempatan itu, dia berharap akan menghasilkan berbagai hal positif yang terkait dengan ekspor mangga ke Jepang. Apalagi sebenarnya pelaku usaha Jepang juga sudah sangat berminat melakukan impor mangga tersebut ke negaranya.

"Pengusaha Jepang sudah mau terima finish produk dari mangga, seperti kripik dan itukan relatif lebih mudah untuk impor. Kami berharap kedatangan ke Jepang pada Januari bisa menghasilkan banyak kegiatan yang bisa dieksekusi," tutur dia.