Penumpang KA kini bisa tes PCR di Stasiun Gambir dan Pasarsenen

Layanan ini dapat dimanfaatkan calon penumpang yang belum menerima vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster.

Layanan tes Covid-19 berupa RT-PCR bagi calon penumpang di Stasiun Pasarsenen, Jakarta. Dokumentasi PT KAI (Persero)

PT Kereta Api Indoensia (KAI) Daop 1 Jakarta kini menyediakan layanan tes real time polymerase chain reaction (RT-PCR), yang untuk mendeteksi SARS-CoV-2 atau Covid-19, di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen. Layanan ini dapat dimanfaatkan pelaku perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ) yang belum menerima vaksin dosis ketiga atau penguat (booster).

Ketersediaan layanan RT-PCR di stasiun ini dilakukan untuk mendukung kebijakan perjalanan terbaru sesuai Surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) Nomor 80 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.

"Masyarakat, khususnya calon penumpang yang akan melakukan tes RT-PCR, di stasiun wajib menunjukkan kode booking tiket dan membawa kartu identitas, seperti KTP," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangan tertulis, Minggu (21/8).

Eva menjelaskan, calon penumpang yang akan menggunakan layanan tes RT-PCR dikenai biaya Rp195.000. Hasil tes dapat diperoleh paling cepat 8 jam dari waktu pengambilan sampel dan berlaku 3x24 jam.

Layanan operasional tes RT-PCR di Stasiun Gambir dapat diakses mulai pukul 06.00-22.00 WIB, sedangkan di Stasiun Pasarsenen sejak pukul 05.00-22.00 WIB.