Perbaikan fundamental ekonomi menjadi fokus pemerintah di 2022

Untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, adopsi teknologi juga perlu ditingkatkan.

Ilustrasi. Pixabay

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, fokus penanganan Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi di 2022 tidak boleh mengalihkan perhatian dari upaya-upaya perbaikan fundamental perekonomian.

Pasalnya, Indonesia masih memiliki masalah struktural yang harus diatasi, yaitu kualitas sumber daya manusia, infrastruktur yang belum memadai, produktivitas yang rendah, serta birokrasi, institusi dan regulasi yang tidak efisien, rumit dan belum bebas dari korupsi.

Di sisi SDM, perbaikan kualitas dan tenaga kerja harus terus-menerus menjadi bagian sentral dalam peningkatan produktivitas maupun daya saing Indonesia. 

"Peningkatan kualitas SDM adalah suatu keharusan dalam memasuki era knowledge economy atau era Industri 4.0," katanya dalam Rapat Paripurna di DPR, Kamis (20/5).

Dia pun mengatakan, untuk dapat mempercepat pemulihan ekonomi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, adopsi teknologi juga perlu ditingkatkan.