Perpres badan otorita ibu kota baru terbit Desember 2019

Pemerintah bakal membentuk badan otorita persiapan sebagai langkah awal pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Pemerintah bakal membentuk badan otorita persiapan sebagai langkah awal pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. / Antara Foto

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan bahwa pemerintah bakal membentuk badan otorita persiapan sebagai langkah awal pembangunan ibu kota baru.

Pembentukan badan otorita tersebut ini akan dilakukan melalui penyusunan peraturan presiden (perpres). Perpres ini ditargetkan rampung akhir Desember 2019.

"Kami menginisiasi para pihak, stakeholder dalam penyusunan perpres badan otorita persiapan dan pembangunan, pemindahan ibu kota negara," ujar Suharso di Jakarta, Jumat (15/11).

Sebelum sampai pada penyusunan perpres, pihaknya bersama jajaran kepentingan terkait lainnya akan lebih dulu membahas perundang-undangan mengenai pemerintahan tersebut terlebih dahulu. 

Lebih lanjut, Suharso menyebut nantinya, kepala dari badan otorita akan berasal dari kalangan profesional atau diduduki oleh orang yang posisinya netral dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Joko Widodo.