Pertamina dan perusahaan migas Italia kerja sama pengolahan minyak

Pertamina dan Eni, perusahaan migas asal Italia menandatangani 3 kesepakatan pengolahan minyak.

Pertamina dan Eni, perusahaan migas asal Italia menandatangani 3 kesepakatan pengolahan minyak, Italia, Rabu (30/1). (Istimewa)

Pertamina dan Eni, perusahaan migas asal Italia menandatangani 3 kesepakatan pengolahan minyak.

Dua kesepakatan terkait dengan pengembangan Green Refinery di Indonesia serta Term Sheet CPO processing di Itali. Sementara satu kesepakatan lainnya terkait circular economy, low carbon products dan renewable energy.

“Kesepakatan ini merupakan lanjutan dari nota kesepahaman kerjasama yang telah ditandatangani Pertamina dengan Eni pada September 2018 serta penandatangan kesepakatan lanjutan pada Desember 2018,” kata Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam keterangan resmi, Kamis (31/1).

Kesepakatan ditandatangani Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan CEO Eni Claudio Descalzi dengan disaksikan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Direktur Pengolahan Pertamina, Budi Santoso Syarif menyatakan penandatanganan Term Sheet CPO Processing dan Head of Joint Venture antara Pertamina dan ENI adalah tonggak penting bagi pengembangan energi masa depan Indonesia yang akan mengurangi penggunaan energi fosil.