Pesawat diklaim transportasi paling aman dari Covid-19

"Jangan takut naik pesawat karena beda sirkulasi udaranya, sehingga tidak mungkin terkontaminasi ."

Ilustrasi. Foto Pixabay.

Pandemi mengakibatkan pergerakan orang menjadi terbatas. Masyarakat waspada saat menggunakan transportasi umum, termasuk pesawat lantaran takut tertular Covid-19. 

Direktur Keamanan Penerbangan Kemenhub Mohammad Alwi mengatakan pesawat adalah sarana transportasi yang paling aman dari penularan Covid-19, sehingga keamanan dan keselamatan penumpang pesawat lebih terjaga dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.

"Jangan takut naik pesawat karena beda sirkulasi udaranya, sehingga tidak mungkin terkontaminasi dan menularkan dari orang ke orang lain di dalam pesawat," katanya dalam video conference, Rabu (15/7).

Dia menjelaskan, pesawat terbang memiliki sistem sirkulasi udara yang baik ditopang oleh teknologi High-Efficienty Particle Filters (HEPA). Teknologi tersebut, lanjutnya, mampu memfilter udara yang berada di dalam kabin pesawat secara baik.

Di samping itu, dengan  teknologi HEPA memungkinkan untuk menjaga sirkulasi udara tetap segar dengan mengganti udara bersih yang berada di dalam kabin setiap dua hingga lima menit sekali.