Profesor investasi ini ungkap tips berinvestasi

Kondisi pandemi Covid-19 membuat para pelaku bisnis harus kembali memutar otak untuk menyusun kembali strategi agar dapat beradaptasi.

Ilustrasi. Pixabay

Dunia bisnis, investasi, dan perdagangan bukan merupakan bidang statis yang akan selalu berjalan dengan stabil. Namun begitu, kondisi fluktuatif tidak dapat dihindari oleh para pelakunya, mereka yang bisa beradaptasi maka mereka yang bisa bertahan.

"Kondisi pandemi Covid-19 membuat para pelaku bisnis harus kembali memutar otak untuk menyusun kembali strategi agar dapat beradaptasi dengan kondisi yang baru," kata Profesor Finance & Investment IPMI International Business School Roy Sembel, saat diskusi daring Sejam Bersama Handoko Wignjowargo, Sabtu (6/11).

"Kalau bicara tentang investasi secara umum, bahwa tipsnya tetap sama sebenarnya. Tipsnya saya pakai yang namanya WISDOM, ada W-I-S-D-O-M,” ungkap dia lagi.

Roy mengungkapkan, huruf W dalam kata WISDOM, mewakilkan kata “Watak”. Watak artinya mengenali situasi saat ini, baik dalam kemampuan diri dan peluang yang ada di luar sana. 

“Kalau dalam bahasanya bisnis itu strengths, weakness, opportunities, dan threats. Itu pemetaan SWOT awal dari diri Anda dan sekitar Anda. Itu harus diketahui," ujarnya.