Program SDGs butuh anggaran US$2,5 triliun per tahun

Salah satu program yang utama dalam SDGs yakni pengentasan kemiskinan.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan setidaknya dibutuhkan dana sebesar US$2,5 triliun tiap tahunnya untuk mencapai 17 tujuan program pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) hingga 2030. Alinea.id/Nanda Aria

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan setidaknya dibutuhkan dana sebesar US$2,5 triliun tiap tahunnya untuk mencapai 17 tujuan program pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) hingga 2030. 

JK mengakui tidak mudah untuk mendapatkan sejumlah dana tersebut. Untuk itu, kata dia, dibutuhkan kerja sama dengan berbagai pihak agar program tersebut dapat terpenuhi.

"Pembicaraan di Eropa kemarin perkiraan biaya per tahun untuk SDGs US$2,5 triliun. Bagaimana mendapatkan dana tersebut? Apabila kita bekerja sama tentu dapat meringankan," katanya saat membuka SDGs Annual Conference 2019, di Jakarta, Selasa (8/10).

JK juga mengatakan kerja sama dapat terlaksana jika semua pihak mengetahui masalah yang dihadapi. Menurut JK, persoalan utama yang harus diselesaikan dengan program SDGs ini adalah menghilangkan kemiskinan.

"Untuk menghilangkan kemiskinanm dibutuhkan penghasilan yang baik, dibutuhkan kesehatan, dibutuhkan lingkungan yang sehat, dibutuhkan ekosistem yang baik, semuanya terkait satu sama lain," ucapnya.