Proyek jalan tol Bandung hingga Cilacap capai Rp53,5 triliun

PT Jasa Marga Tbk. mengubah trase proyek pembangunan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) menjadi Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap.

Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priyohutomo mengatakan pembangunan proyek tol di Selatan Jawa yang akan mengubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini ditaksir mencapai Rp53,5 triliun hingga Cilacap. / Antara Foto

PT Jasa Marga Tbk. mengubah trase proyek pembangunan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) menjadi Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap melalui jalur selatan Jawa.

Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priyohutomo mengatakan pembangunan proyek tol di Selatan Jawa yang akan mengubungkan Jawa Barat dan Jawa Tengah ini ditaksir mencapai Rp53,5 triliun hingga Cilacap.

"Rute ini memang sebelumnya bernama Cigatas, namun berubah menjadi Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Sebetulnya sama, hanya memang rutenya ada penyesuaian karena terkait masalah kondisi kontur medan daripada lokasi tersebut sehingga kita perlu ada penyesuaian," ujarnya di Jakarta, Senin (11/2).

Ia menjelaskan faktor kedua adalah rute program tol tersebut diarahkan untuk tidak semua dekat dengan jalan nasional. Sehingga, pihaknya berencana membawa rute tersebut ke selatan di mana agak lebih menjauh dari posisi jalan nasional.

"Kenapa kita lakukan? Karena untuk pengembangan wilayah selatan agar lebih berkembang lagi, jangan hanya terkonsentrasi di jalan nasional. Itu yang diharapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," tuturnya dalam konferensi pers.