Proyek triliunan rupiah Kementerian Perhubungan 2020

Kementerian Perhubungan bakal menyelesaikan megaproyek pada 2020 bernilai triliunan rupiah berupa pelabuhan dan bandara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan transportasi laut di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa (24/12). Alinea.id/Achmad Al Fiqri

Kementerian Perhubungan bakal menyelesaikan megaproyek pada 2020 bernilai triliunan rupiah. Proyek tersebut rata-rata merupakan skema tahun jamak alias multiyears.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sejumlah fasilitas layanan transportasi masih digarap dan bakal rampung pada 2020 berupa pelabuhan dan bandar udara.

"Yang banyak itu pelabuhan dan bandara. Beberapa (bandara) itu ada yang di Toba, di Likupang, di Labuan Bajo," kata Budi Karya saat meninjau kesiapan transportasi laut di Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa (24/12).

Bandara Toba yang dimaksud Budi ialah Bandara Sibisa, Kapupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Kemenhub telah menyiapkan anggaran sebesar Rp70 miliar untuk mengembangkan bandara tersebut pada 2020 mendatang.

Salah satu yang dikembangkan ialah landasan pacu atau runway. Rencananya, runway akan diperpanjang menjadi 2.000 meter dengan lebar 30 meter yang semula hanya 1.200 meter.