PSSI lepas private placement untuk beli kapal US$7,5 juta

PT Pelita Samudera Shipping Tbk. (PSSI) membidik dana sebesar US$7,5 juta untuk membeli kapal kargo curah.

PT Pelita Samudera Shipping Tbk. (PSSI) berencana menambah satu unit kapal kargo curah (Motor Vessel/MV) di semester II-2019. Dengan penambahan kapal ini, jumlah armada MV perseroan menjadi enam unit MV.

Direktur Utama Pelita Samudera Shipping Iriawan Ibarat mengatakan harga pembelian MV kelas handysize ini sebesar US$7,5 juta.  Pihak penjual kapal MV tersebut adalah Convivial Navigation Co. Pte. Ltd., dari Singapura.

"Ketentuan pembayaran kapal baru tersebut, 20% akan dibayar tunai, sisanya 80% akan dibayar dengan saham PSS melalui private placement," kata Iriawan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Senin (16/9).

Dengan pembelian kapal tersebut, PSSI akan melakukan penerbitan saham baru sebagai bagian dari penyelesaian pembelian kapal dengan jumlah sebanyak-banyaknya 402,688 juta lembar saham atau sebesar 8% dari jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Saham yang diusulkan telah dihargai akan diterbitkan dengan harga minimum Rp211 per saham.

"PSS telah memiliki prospek dari beberapa pelanggan potensial untuk kapal MV dengan kapasitas 28.000 DWT, salah satunya untuk pengangkutan batubara dan klinker (bahan utama pembuatan semen)," ujar Iriawan.