QR Code Indonesia akan bisa dipakai di tiga negara

BI bersama dengan bank sentral ketiga negara tersebut, sedang membangun peta jalan (roadmap) agar sistem pada QR bisa terhubung

Ilustrasi/Pixabay

Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina nantinya melakukan transaksi hanya menggunakan QR Code. Ide ini tercetus dari kesepakatan dalam rangka meningkatkan kerja sama sistem pembayaran agar inklusi keuangan di setiap negara bisa terus meningkat.

"QR Code di Indonesia nantinya dapat digunakan di tiga negara tersebut, begitu juga sebaliknya," ujar Direktur Departemen Internasional Bank Indonesia (BI) Wahyu Pratomo di Gedung BI, Jakarta Pusat, Selasa (9/4).

BI bersama dengan bank sentral ketiga negara tersebut, sedang membangun peta jalan (roadmap) agar sistem pada QR bisa terhubung. Aspek yang menjadi fokus inti roadmap tersebut, terkait keamanan, perlindungan konsumen, dan stabilitas keuangan.

"Saat ini sedang disusun framework bagaimana concern integrasi di kawasan. Juga bagaimana ritel payment bisa dihubungkan, dengan tetap mengaktifkan aspek security, konsumen, dan stabilitas keuangan," katanya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko menjelaskan, tujuan lain dari kerja sama tersebut, ialah meningkatkan kunjungan wisatawan ASEAN dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan.