Realisasi proyek infrastruktur Jokowi di Sumatra

Tidak tanggung, Jokowi meresmikan tiga proyek infrastruktur sekaligus di Lampung, Sumatera Selatan. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merealisasikan proyek infrastruktur di Indonesia. / Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali merealisasikan proyek infrastruktur di Indonesia. Tidak tanggung, Jokowi meresmikan tiga proyek infrastruktur sekaligus di Lampung, Sumatera Selatan. 

Ketiga proyek itu yakni jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Bandara Radin Inten II, serta terminal dan dermaga Pelabuhan Bakauheni. Proyek yang mencakup semua moda transportasi ini diharapkan memudahkan mobilitas sekaligus meratakan pembangunan ekonomi ke luar Pulau Jawa.

Dalam kunjungannya ke Lampung, Jokowi menyebut jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan tol terpanjang yang pernah diresmikannya. Total panjang jalan tol ini mencapai  140,9 kilometer (km). Pada Juni 2019, diharapkan tol ini juga bisa tersambung hingga ke Palembang dengan total panjang sekitar 350 km.

"Ini tol terpanjang yang pernah kami resmikan, karena memang ini panjang sekali sampai Terbanggi Besar," kata Jokowi di Lampung, Jumat (8/3).

Sementara,  Jokowi menjelaskan pembangunan jalan tol itu diharapkan dapat mendorong perekonomian serta mengundang investasi khususnya ke Sumatra. Dia mengungkapkan, saat ini pemerintah setempat juga sudah memiliki rencana untuk membangun kawasan ekonomi khusus di Lampung.