Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai dipasang

KCJB merupakan proyek strategis nasional. Proyek ini menjadi simbol persahabatan antara negara Indonesia dengan China.

Instalasi atau pemasangan rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dipasang, Rabu (20/4/2022). Foto Kemenhub.go.id.

Instalasi rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai dipasang. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri langsung pemasangan perdana rel KJCB di Depo Tegaluar, Jawa Barat, hari ini. 

Budi Karya mengatakan, KCJB merupakan proyek strategis nasional. Proyek ini menjadi simbol persahabatan antara negara Indonesia dengan China. 

"Proyek ini menggunakan teknologi transportasi yang pertama kali ada di Asia Tenggara. Saya bangga dan apresiasi dengan apa yang sudah dilakukan dengan memasang rel menggunakan teknologi yang tinggi," kata Budi Karya, Rabu (20/4).

Pemasangan rel menggunakan teknologi berbeda dengan proyek kereta api lain di Indonesia. Sebelum dipasang, terlebih dahulu rel disambung per 50 meter menjadi rel utuh sepanjang 500 meter. Dengan cara ini, durasi pemasangan rel secara keseluruhan menjadi lebih cepat.

Penggunaan teknologi baru ini, kata Budi, merupakan pengetahuan baru bagi anak bangsa. "Proses transfer knowledge telah terjadi. Insha Allah ke depan ini akan menjadi keahlian dari bangsa kita," jelas dia.