Revitalisasi aset, Ombudsman sarankan Pertamina fokus 3 hal

Ombudsman kini tengah menangani dua laporan masyarakat dengan terlapor Pertamina.

Komisioner Ombudsman RI, Hery Susanto. Alinea.id/Akbar Ridwan/tangkapan layar akun YouTube Ombudsman RI

PT Pertamina (Persero) diminta memperhatikan tiga hal dalam merevitalisasi asetnya guna mewujudkan pelayanan publik yang efektif dan berkeadilan. Kedaulatan, keterjangkauan, dan kesinambungan energi, yang seluruhnya sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kedaulatan energi, menurut Komisioner Ombudsman RI (ORI), Hery Susanto, harus bertahan dan ketersediaannya selalu ada. Adapun keterjangkauan energi tidak hanya mencakup tersediaan, tetapi harus menjangkau seluruh rakyat.

"Selain itu, kesinambungan energi harus mengikuti perkembangan atau terus diperbaharui," ucapnya dalam webinar "Revitalisasi Aset PT Pertamina, Mewujudkan Pelayanan Publik Yang Efektif dan Berkeadilan" yang diadakan Jumat (13/8).

Karenanya, Hery menyarankan Pertamina membangun infrastruktur energi di daerah yang belum berkembang guna mengurangi disparitas antardaerah. Selain itu, mesti memastikan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan terjaminnya pengelolaan sumber daya energi secara optimal, terpadu, dan berkelanjutan. 

"Dan kepastian berusaha bagi para pengusaha di segala sektor untuk tetap beroperasi," jelasnya. "Pertamina harus terus mendukung perekonomian masyarakat kecil, seperti kolaborasi dengan ojol, angkot, dan kelompok UMKM."