Revolusi Industri 4.0 yang dibahas di debat capres, apa itu?

Dalam debat kedua capres dua hari lalu, muncul istilah Revolusi Industri 4.0 (four point zero). Apa itu sebenarnya Industri 4.0?

Presiden Joko Widodo meluncurkan Making Indonesia 4.0 untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0. / Kantor Staf Kepresidenan

Dalam debat kedua capres dua hari lalu, muncul istilah Revolusi Industri 4.0 (four point zero). Apa itu sebenarnya Industri 4.0 dan bagaimana implementasinya saat ini? 

Revolusi Industri 4.0 adalah sebuah realita baru yang erat hubungannya dengan penerapan teknologi baru seperti advanced analytics, produk terkoneksi internet (internet of things), machine learning dan otomasi.

Era di mana hadirnya transformasi digital yang mengombinasikan kecerdasan buatan, data raksasa (big data), komputasi awan, robotik, dan cetak tiga dimensi. 

Indikasi masuknya industri keempat tersebut juga antara lain dengan hadirnya industri perdagangan berbasis digital (electronic commerce atau e-commerce) yang masif.

Kehadiran Industri 4.0 di Indonesia, ditandai oleh Presiden Joko Widodo untuk meluncurkan peta jalan dan srategi Making Indonesia 4.0" pada April 2018. Kemudian, Kementerian Perindustrian ditunjuk sebagai koordinator Making Indonesia 4.0.