Ribuan ton bawang putih impor guyur pasar lokal

Kenaikan harga bawang putih yang sempat menyentuh Rp100.000 per kilogram mulai normal setelah diguyur 8.625 ton dari impor.

Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti melakukan kunjungan lapangan untuk memantau harga bawang putih di ritel modern Giant Bintaro, Tangerang, Banten, Jumat (10/5). Alinea.id/Nanda Aria

Kenaikan harga bawang putih yang sempat menyentuh Rp100.000 per kilogram mulai normal setelah diguyur 8.625 ton dari impor.

Direktur Jenderal Kementerian Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti memastikan harga bawang putih sudah kembali normal. Saat ini, harga bawang putih rata-rata berada pada level Rp35.000 per kilogram.

"Kalian bisa lihat harganya di sini sudah Rp3.500 per seratus gram atau Rp35.000 per kilogram," ujarnya saat melakukan kunjungan lapangan untuk memantau harga di ritel modern Giant Bintaro, Tangerang, Banten, Jumat (10/5).

Dia menjelaskan, saat ini pemerintah telah menambah pasokan bawang putih per 8 Mei 2019 sebanyak 8.625 ton untuk disebar ke seluruh Indonesia. Menurutnya, kenaikan harga bawang putih di berbagai daerah tersebut terjadi lantaran kekurangan pasokan barang disusul dengan permintaan yang tinggi.

“Kalau sekarang sudah ada tambahan pasokan barang, jadi tidak ada alasan lagi bagi pedagang untuk menaikan harga di pasar,” ujarnya.