Sandi Uno singgung kebangkitan kopi robusta Lampung

Sandiaga mengatakan bahwa dari produk-produk kopi terbaik di dunia, Produk dari Lampung menjadi salah satu yang diunggulkan.

Sandiaga Uno. foto ist

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berharap produk-produk UMKM Bandar Lampung bisa menjadi juara dan tuan rumah di negeri sendiri. Dia pun memuji produk kopi robusta lampung.

“Saya melihat tadi kualitas dari produknya tidak kalah bersaing dan siap untuk berjuang di era digital menjadi produk-produk global,” ujar Sandiaga di acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021, Bandar Lampung yang digelar secara virtual, Sabtu (23/10).

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa entrepreneurship berlandaskan pada tiga orientasi utama, yaitu Innovation, take a risk, dan proactive.

“Jangan berhenti berinovasi, tetapi ciptakan produk-produk baru yang lebih baik dari produk-produk yang sekarang mengikuti trend kekinian. Innovation is the key,” ucap Sandiaga. Selanjutnya adalah take a risk atau berani mengambil risiko.

“Sekarang ini pandemi tetapi sudah terlihat geliat ekonomi ini semakin terasa, jadi jangan sampai ketinggalan kereta. Jadi take a risk, invest di SDM, proses produksi, sehingga kalian bisa menangkap apa yang disebut travel madness atau revenge tourism,” ucap Sandiaga.