Sejarah Bakrie genggam saham Freeport

Gubernur Papua Lukas Enembe menolak proposal divestasi saham Freeport lantaran trauma dengan sejarah Grup Bakrie lewat Indocopper Investama.

Pengusaha yang juga mantan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie memiliki jejak kepemilikan di dalam PT Freeport Indonesia sejak 30 Desember 1991. / Facebook

Gubernur Papua Lukas Enembe menolak proposal divestasi saham Freeport lantaran trauma dengan sejarah Grup Bakrie lewat Indocopper Investama.

Corporate Communications and Government Relations PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) Rendi A. Witular, mengatakan keputusan pemerintah pusat dan Holding Industri Pertambangan Inalum yang akan mengalokasikan 10% saham PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk pemerintah daerah didasari oleh niat yang baik.

Menurutnya, niat baik itu agar masyarakat Papua mendapatkan manfaat yang maksimal dari hasil operasional Freeport di Tanah Papua. Dia menyebutkan, Inalum telah melakukan pertemuan antara Gubernur Propinsi Papua dan jajarannya dengan perwakilan dari Kementerian Keuangan, Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Danareksa (Persero) dan Kantor Hukum HPRP Danton.

"Inalum sangat memahami aspirasi yang disampaikan Gubernur Papua dalam pertemuan tersebut dan akan terus bekerja sama dengan pemerintah propinsi dan pemerintah Kabupaten Mimika untuk mencari kesepakatan yang terbaik," ujarnya, Jumat (23/11). 

Dia mengatakan, pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut berlangsung dinamis dan kondusif. Setelah pertemuan, sambungnya, Gubernur Lukas Enembe dan jajarannya akan mengkaji opsi-opsi yang terbaik bagi para pihak.