Sepanjang 380.000 km jalan akan pakai aspal karet

Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan penyerapan karet sebagai bahan aspal untuk membangun jalan sepanjang 380.000 kilometer (km)

Petani memanen getah karet di Banyuasin, Sumatra Selatan. (Antara Foto)

Pemerintah akan mengeluarkan kebijakan yang mendorong penyerapan karet sebagai bahan aspal. Campuran aspal karet ini digunakan untuk membangun jalan sepanjang 380.000 kilometer (km) di seluruh Indonesia. 

Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan saat ini pihaknya masih menghitung pemanfaatan karet untuk dijadikan aspal bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan. 

"Dari Kementerian PUPR kan sudah memanfaatkan aspal karet. Nah, kita akan perluas lagi untuk pemerintah daerah," kata Sigit saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (21/1).

Setiap tahun, produksi karet alam Indonesia mencapai 3,2 juta ton dan yang dimanfaatkan industri dalam negeri baru 0,6 juta ton. Sementara, sebesar 2,4 juta ton lainnya diekspor ke mancanegara. Indonesia juga merupakan salah satu produsen karet alam terbesar di dunia. 

Sigit mengatakan potensi serapan karet untuk membangun jalan sepanjang 380.000 km nantinya sebesar 7% dari produksi aspal nasional.