Sudah sepekan, investigasi kecelakaan PLTP di Dieng belum tuntas

Kejadian di PLTP Dieng dianggap murni kecelakaan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan meningkatkan porsi pemanfaatan gas bumi untuk kebutuhan domestik demi mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. / Antara Foto

PT Geo Dipa Energi (Persero) hingga kini terus melakukan investigasi usai terjadinya kecelakaan  di Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng pada Sabtu (12/3).

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim mengatakan, investigasi ini dilakukan di bawah inspektur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

"Ini (investigasi) sedang berjalan, validasi dengan Geodipa dan vendornya," ucapnya kepada Alinea.id, dikutip Jumat (18/3).

Sementara, pengamat ekonomi Universitas Gadjah Mada (UGM), Fahmy Radhi mengatakan, kejadian di PLTP Dieng lebih murni ke arah kecelakaan yang tidak bisa dikontrol.

Menurutnya, kejadian ini mestinya jadi momentum buat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meningkatkan pengawasan dan monitoring. Sistem keamanan, dia sebut, menjadi langkah untuk mencegah terulangnya kejadian serupa.