Setop belanja jor-joran! Saatnya mandiri secara finansial

Gerakan Financial Independence, Retire Early mengacu pada gaya hidup minimalis yang membuat seseorang bisa mempercepat masa pensiun.

Ilustrasi Alinea.id/Oky Diaz.

Gonjang-ganjing kondisi ekonomi politik bisa jadi ancaman terhadap rentannya nasib pekerja. Mulai dari ancaman potong gaji hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Di sisi lain, kondisi pasar finansial di tengah resesi juga bisa berpengaruh pada anjloknya instrumen investasi. Bayangan-bayangan inilah yang sempat 'menghantui' pikiran Mike Rini Sutikno, sekitar dua puluhan tahun silam.

Kala itu, perempuan kelahiran 1974 tersebut masih berprofesi sebagai seorang karyawan di bidang keuangan. Ia masih dalam masa pencarian untuk penghidupan di masa depan. 

"Apa profesi dan karier yang bisa inline (sejalur) dengan cita-cita pengen mandiri secara finansial," ujar Mike Rini saat berbincang kepada Alinea.id, Senin (24/5) lalu. 

Sampai akhirnya, perempuan yang saat itu berusia 27 tahun itu memutuskan untuk mengambil langkah cukup berani: mempersiapkan pensiun dini (retire early) sebelum usia 30 tahun.