Singles Day, perusahaan e commerce keruk keuntungan

Shopee mengklaim menerima 2,5 juta pesanan dalam 24 jam sepanjang 11 November.

Tepat 11 November, sejumlah e commerce di Tanah Air menggelar diskon besar-besaran. Ajang festival belanja online 11.11 itu dimanfaatkan perusahaan e commerce untuk mengeruk keuntungan. 

Shopee, salah satu platform e-commerce mengaku sanggup menjual 7 juta produk sepanjang program tersebut. Jumlah pemesanan naik 4,5 kali  dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 2,5 juta pesanan dalam 24 jam. Dari total tersebut, sekitar 92% pesanan berasal dari aplikasi ponsel.

"Pemesanan melalui ponsel memudahkan pembeli untuk berbelanja di sela-sela kegiatan mereka," ujar Chris Feng, CEO Shopee dalam keterangannya.

Perusahaan juga berhasil mencatatkan lebih dari 13 juta live-chat, atau lebih dari 9.000 chat terkirim setiap
menitnya. Dalam program ini, sekitar 120.000 brand dan penjual di seluruh wilayah regional banting harga. 

Pembeli memburu produk-produk seperti elektronik, perawatan dan kesehatan, serta fashion. Adapun produk termurah yang dibeli adalah sebuah lilin dengan harga Rp 103, sedangkan produk termahal yang laku terjual merupakan sebuah laptop seharga Rp 34, 45 juta.