Skenario lalu lintas tol Tangerang-Merak hadapi mudik

Ada empat titik biang kemacetan di tol Tangerang-Merak yang telah diantisipasi.

Sejumlah pekerja menyelesaikan proses pengecatan marka jalan di jalur pantura Lohbener Indramayu, Jawa Barat, Senin (20/5)./ Antara Foto

Anggota grup Astra Infra, PT Marga Mandalasakti menyiapkan skenario lalu lintas di tol Tangerang-Merak untuk pengalihan lalu lintas jika terjadi kemacetan parah.

Direktur Teknik dan Operasi PT Marga Mandalasakti, Rinaldi mengatakan ada empat titik biang kemacetan di tol Tangerang-Merak yang telah diantisipasi. Yaitu, antrean di Pelabuhan Merak.

“Perusahaan akan menyediakan penampungan kendaraan di Jalan Cikuasa untuk mengantisipasi antrean tersebut,” kata Rinaldi di Menara Astra, Senin (20/5).

Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memberikan imbauan memberlakukan ganjil-genap di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Bakauheni. Pemberlakuan ganjil genap ini akan dimulai pada 30 Mei 2019 atau H-6 lebaran di pelabuhan Merak pukul 08.00-20.00 WIB.

Lalu, di Pelabuhan Bakauheni ganjil-genap akan diberlakukan pada pada 7 Juni 2019 hingga 9 Juni 2019 mulai pukul 20.00-08.00 WIB. Aturan ini berdasarkan surat imbauan yang ditandatangani oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi.