SMF, PPDPP dan Bank Kaltimtara kerja sama salurkan KPR subsidi di calon ibu kota baru negara

SMF akan menyediakan dana pendampingan untuk mengurangi beban fiskal pemerintah, dengan membiayai porsi 25% pendanaan KPR FLPP.

Sinergi Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan atau PPDPP, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, dengan Bank Kaltimtara, untuk salurkan Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) di daerah Kaltimtara, Rabu (30/06/2021). Dokumentasi SMF.

Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan atau PPDPP dan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF, menjalin sinergi dengan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Utara atau Bank Kaltimtara. Sinergi ini untuk meningkatkan penyaluran Kredit Pemilikan Rumah Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) di daerah Kaltimtara yang merupakan calon ibu kota negara.

Melalui kerja sama tersebut SMF akan menyediakan dana pendampingan untuk mengurangi beban fiskal pemerintah, dengan membiayai porsi 25% pendanaan KPR FLPP. Dengan demikian, pemerintah hanya menyediakan 75% dari total pendanaan FLPP dari semula yang sebesar 90%. 

Adanya dana pendampingan dari SMF, diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi mismatch funding pada penyaluran KPR FLPP di Indonesia, serta menjadi bagian dalam usaha mendukung percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) khususnya di sektor perumahan.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo berharap, Bank Kaltimtara dapat menjadi mitra strategis yang dapat saling memberikan dukungan kepada peningkatan penyaluran KPR di daerahnya. 

"Terlebih, ke depannya Kalimantan Timur akan menjadi ibu kota negara Indonesia. Hal tersebut merupakan potensi sinergi jangka panjang bagi SMF dengan Bank Kaltimtara ke depan," kata Ananta dalam keterangan resminya, Kamis (1/7).