Sri Mulyani beri jatah anggaran Prabowo terbesar dan bebas impor senjata

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengalokasikan anggaran terbesar Rp131,2 triliun untuk Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengalokasikan anggaran terbesar Rp131,2 triliun untuk Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto. / Antara Foto

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengalokasikan anggaran terbesar Rp131,2 triliun untuk Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo Subianto. Anggaran Kementerian Pertahanan itu merupakan pagu APBN terbesar jika dibandingkan dengan kementerian dan lembaga lainnya.

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Askolani menjelaskan, besarnya anggaran yang didapatkan oleh Kemenhan akan dialokasikan untuk belanja pegawai di jajaran TNI dan Polri.

Hal ini karena pada tahun 2018 TNI dan Polri mendapatkan belanja reformasi birokrasi yang tunjangan kinerjanya harus ditingkatkan dalam pagu anggaran 2019 dan 2020.

"Kalau Kemenhan itu dilihat dia belanja pegawainya naik, kan tahun 2018 mendapatkan reformasi birokrasi sehingga tunjangan kerja untuk anggota TNI Polisi itu mengalami kenaikan, kita danai di 2020, 2019 sudah kita tambahkan," katanya di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (18/11).

Kenaikan anggaran tersebut, lanjut Askolani, sudah menjadi keharusan yang didapat oleh kementerian yang dipimpin oleh Prabowo Subianto tersebut. Hal ini juga sejalan dengan keinginan Presiden Joko Widodo yang akan menaikan tunjangan TNI/Polri sebesar 80%.