Sri Mulyani: Kita masih harus hati-hati melihat kuartal II-2021

Baik dari belanja KL dan transfer ke daerah, agar dapat efektif mengungkit perekonomian nasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto Antara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah pada tahun ini akan berfokus pada pemanfaatan sisi fiskal sebaik mungkin untuk dapat menjadi katalis pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu hal yang menjadi perhatian utama pemerintah adalah bagaimana menyalurkan belanja pemerintah, agar tepat sasaran dan tepat guna, terutama untuk belanja-belanja produktif dan belanja modal.

"Kita masih harus hati-hati melihat kuartal II-2021 terutama eksekusi belanja-belanja yang sifatnya bermanfaat bagi masyarakat dan belanja produktif seperti belanja modal," katanya dalam video conference, Senin (3/5).

Dia menjelaskan, akan terus memperbaiki eksekusi dari sisi fiskal tersebut agar penyaluran belanja yang telah didesain pada APBN 2021. Baik dari belanja KL dan transfer ke daerah, agar dapat efektif mengungkit perekonomian nasional.

"Kami akan terus perbaiki langkah-langkah sisi fiskal, eksekusi belanja yang didesain dan redesain 2021 terkait pelaksanaan anggaran baik di KL dan transfer ke daerah," ujarnya.