Sri Mulyani paparkan kunci capai pertumbuhan investasi di atas 7%

Sri Mulyani menyebut investasi dapat meningkat hingga 7% dan pertumbuhan ekonomi 6%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto Antara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan transformasi struktural dapat mendorong angka pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi terutama pada faktor investasi dan ekspor.

Dia menuturkan, dengan transformasi struktural, investasi dapat meningkat hingga 7% di 2024 dan mendorong pertumbuhan ekonomi hingga mencapai 6% per tahun tanpa membebani Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Dengan adanya reformasi struktural, maka akselerasi dari pertumbuhan investasi diharapkan akan mencapai titik atas 7%, demikian juga ekspor, dan ini akan bisa mendukung pertumbuhan ekonomi di atas 6%," katanya, Kamis (29/4).

Dia membandingkan, apabila pemerintah tidak melakukan reformasi struktural, maka pertumbuhan di bidang investasi hanya akan mencapai level 5,4% dan ekspor tumbuh 5,2%. Dengan reformasi investasi dan ekspor, diprediksi tumbuh hingga 6,8%-7%.

Selain itu, dengan pertumbuhan investasi yang tinggi, lanjutnya, beban APBN akan berkurang dan membuat anggaran negara tersebut menjadi lebih sehat.