Sri Mulyani pastikan LPI tak akan bernasib sama seperti 1MDB Malaysia

Hal yang menjadi penekanan dalam proses seleksi, adalah mencari sosok yang dapat memberikan profesionalitas dan integritas yang tinggi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto Antara/dokumentasi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati resmi ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengawas (Dewas) ex officio Lembaga Pembiayaan Investasi atau Indonesia Investment Authority (INA) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam sambutannya, Sri Mulyani memastikan INA atau LPI tidak akan bernasib sama seperti lembaga pembiayaan Malaysia, yaitu 1Malaysia Development Berhad (1MDB), yang dijadikan tempat pencucian uang.

"Presiden jelas menyampaikan beliau tidak ingin terjadi seperti 1MDB. Sehingga beliau menyampaikan, kita harus bisa membuktikan Indonesia memiliki sebuah institusi investasi yaitu SWF yang ditatakelolakan dengan baik," katanya dalam video conference, Selasa (16/2).

Tahap seleksi Dewan Pengawas dan Dewan Direktur LPI sudah dilakukan dengan cara-cara yang baik dan kredibel. Hal yang menjadi penekanan dalam proses seleksi, adalah mencari sosok yang dapat memberikan profesionalitas dan integritas yang tinggi dalam mengelola lembaga pembiayaan tersebut.

"Dari awal seluruh dewas memfokuskan membangun tata kelola yang kredibel dan yang masuk akal," ujarnya.