Sri Mulyani: Penerimaan pajak lebih realistis

Pemerintah mematok rasio penerimaan pajak pada tahun ini lebih realistis berada pada kisaran 11,4%-11,9%.

Pemerintah terus berupaya agar tax ratio pada 2019 mencapai kisaran 11,4% - 11,9%. / Antara Foto

Pemerintah mematok rasio penerimaan pajak pada tahun ini lebih realistis berada pada kisaran 11,4%-11,9%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pajak merupakan sumber penerimaan terbanyak pada Januari-April 2018. Pemerintah akan tetap menjaga pelaksanaan APBN 2018 secar tepat guna, tepat sasaran, dan tepat waktu, dalam menopang kegiatan prioritas.

Dia menyadari, penerimaan perpajakan merupakan komponen kebijakan fiskal yang sangat penting, mengingat kontribusinya yang signifikan dalam APBN dan memiliki dampak besar terhadap perekonomian nasional. 

"Pemerintah sepakat dengan pandangan dari F-PDIP, F-PG, F-Gerindra, F-PD, F-PKB, F-PKS, F-Nasdem, F-Hanura bahwa target penerimaan perpajakan harus disusun dengan lebih realistsis," kata Sri Mulyani, Kamis (31/5). 

Menteri terbaik dunia yang disematkan oleh World Government Summit, itu menyebut pemerintah menentukan target perpajakan yang lebih terukur. Sehingga, pemerintah selalu melihat kapasitas administrasi perpajakan, baik dari sisi sumber daya manusia, pengawasan, dan pelayanan, maupun teknologi informasi, serta prrogram optimalisasi pajak yang akan dilakukan.