Sri Mulyani ungkap tiga tantangan yang tentukan nasib negara-negara dunia

Salah satunya pandemi Covid, yang tidak pernah selesai sampai kapanpun. Pandemi ini bukanlah pandemi pertama ataupun terakhir.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Foto dokumentasi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, ada tiga tantangan global yang menentukan nasib negara-negara dunia, termasuk Indonesia, yaitu pandemi, perubahan iklim, dan digitalisasi. 

Pandemi Covid-19 dinilai tidak akan selesai sampai kapanpun. Pandemi ini bukanlah pandemi pertama ataupun terakhir.

"Pandemi Covid-19 bukanlah yang pertama kali dan bukan yang terakhir kali. Artinya Indonesia harus menyadari bahwa fenomena ancaman seperti terjadinya pandemi tidak akan selesai atau tidak akan jadi pertama kali atau terakhir kali," ujar Sri Mulyani dalam webinar Festival Transformasi Kementerian Keuangan, Selasa (19/10).

Menurutnya, pandemi ini mampu membuat suatu negara menjadi pemenang (winner), jika negara tersebut mampu menghadapi tantangan itu. Sedangkan, negara yang tidak mampu menghadapinya akan menjadi pecundang (loser). Semua itu tergantung bagaimana cara negara tersebut menanganinya.

"Fenomena itu adalah tiga hal yang menyapu dunia yang akan memengaruhi dan menentukan sebuah negara apakah dia akan menjadi sebuah negara pecundang atau menjadi pemenang atau winner," kata Sri Mulyani.