KSSK: Stabilitas sistem keuangan berjalan normal di kuartal I-2021

Inflasi juga masih terkendali di level yang relatif rendah sebesar 0,13% di April.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan keterangan pers seusai menggelar rapat Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (22/1/2020). Foto Antara/Hafidz Mubarak A.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) mengungkapkan, stabilitas sistem keuangan nasional kuartal I-2021 berada dalam kondisi normal dan menunjukkan pemulihan di tengah pandemi Covid-19.

"Kuartal I-2021 stabilitas sistem keuangan berada dalam kondisi normal di tengah pandemi Covid-19. Komitmen KSSK untuk terus menjaga stabilitas sistem keuangan dan mengawal momentum pemulihan ekonomi nasional," katanya dalam video conference, Senin (3/5).

Stabilitas sistem keuangan terjaga normal disesuaikan dengan tanda-tanda pemulihan ekonomi nasional yang terlihat dari beberapa indikator. Misalnya, jalannya program vaksinasi nasional yang telah mencapai 20 juta dosis per April.

Lalu, adanya perbaikan PMI yang meningkat dari 53,2 menjadi 54,6 di bulan ini dan hal itu mendorong terciptanya penguatan dan kinerja ekspor yang juga terus membaik.

Selain itu, inflasi juga masih terkendali di level yang relatif rendah sebesar 0,13% di April, serta cadangan devisa yang meningkat mencapai US$137,1 miliar atau setara dengan 10,1 bulan impor.