Tingkat okupansi gudang milik Vastland Indonesia capai 100%

Industri pergudangan adalah salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2023.

Kawasan pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk. Foto isitmewa

Emiten pengembang properti pergudangan PT Vastland Indonesia Tbk. (VAST), mempertahankan okupansi sewa gudang built-to suit mereka pada tingkat 100%, angka ini juga mencakup serangkaian gudang yang baru-baru ini mereka akusisi.

Tingkat okupansi 100% untuk gudang built to suit tersebut, sudah berhasil dipertahankan sejak 2022, di mana okupansi gudang general warehouse VAST juga mencapai 93%, lebih tinggi dari pemain lainnya yang rata-rata di level 90%. VAST memang menargetkan okupansi penuh bagi gudang mereka.

“Secara historis, kami selalu menargetkan okupansi 100%, bahkan saat pandemik, okupansi gudang kami 97%-98%,” jelas Direktur Keuangan VAST Stanley V. Gunawan, dalam keterangan resminya, Sabtu (23/9).

Mengingat permintaan gudang yang bertumbuh positif akhir-akhir ini, wajar saja bahwa VAST merasa optimis bahwa permintaan gudang meraka akan turut meningkat. Memang industri pergudangan adalah salah satu penopang pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2023, tercatat sektor perdagangan menyumbangkan 0,63% (yoy) dari pertumbuhan total pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,17% pada kuartal tersebut.

Di Provinsi Lampung, yang merupakan salah satu lokasi gudang VAST beroperasi, investasi per kuartal 1-2023 telah mencapai Rp3,24 triliun dari target yang ditentukan sebesar Rp11 triliun, dengan industri makanan menjadi sektor terbesar penyumbang investasi terbanyak pada dengan nilai Rp1,6 triliun.