Transaksi belanja online di Indonesia tertinggi Asean Rp37,8 triliun

Indonesia benar-benar menjadi pasar belanja online terbesar di Asia Tenggara dengan total transaksi mencapai Rp37,8 triliun pada 2018.

Indonesia benar-benar menjadi pasar belanja online terbesar di Asia Tenggara dengan total transaksi mencapai Rp37,8 triliun pada 2018. / Istimewa

Indonesia benar-benar menjadi pasar belanja online terbesar di Asia Tenggara dengan total transaksi mencapai Rp37,8 triliun pada 2018.

Berdasarjan riset iPrice Group yang diterima Alinea.id pada Selasa (19/2), menyebutkan, persaingan antar platform e-commerce di Indonesia pada akhir 2018 masih menarik perhatian banyak pihak. 

Pendanaan baru dan kolaborasi dengan perusahaan e-money menjadi topik paling hangat dalam industri ini di penghujung tahun. Belum lagi, promo cashback dan end year sale juga menambah daya tarik untuk berbelanja online.

Dilansir dari laporan Google Temasek, transaksi online market dari Indonesia masih tertinggi di Asean dengan jumlah penjualan senilai US$$2,7 miliar setara Rp37,8 triliun (kurs Rp14.000 per dollar AS) pada tahun 2018. 

Harbolnas pada tanggal 12 Desember 2018 mampu membukukan penjualan Rp6,8 triliun, meningkat Rp2,1 triliun dari tahun sebelumnya. Walaupun belum mencapai target yang diharapkan, tapi jumlah ini berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan keseluruhan di online market Indonesia.