Transcoal Pacific bagi dividen Rp5 per saham

Dari laba bersih perseroan sebesar Rp270 miliar tersebut, sebanyak Rp2 miliar akan digunakan sebagai dana pencadangan umum.

Logo PT Transcoal Pacific Tbk. (TCPI). Istimewa

PT Transcoal Pacific Tbk. (TCPI) membagikan dividen sebesar Rp5 per saham dengan total Rp25 miliar. Jumlah dividen tersebut setara dengan 9,8% dari total laba bersih 2019 sebesar Rp270 miliar.

Direktur Transcoal Pacific Amril mengatakan, dari laba bersih perseroan sebesar Rp270 miliar tersebut, sebanyak Rp2 miliar akan digunakan sebagai dana pencadangan umum.

"Kemudian sisanya setelah dipotong dividen dan cadangan sebesar Rp242,5 miliar, akan kami gunakan sebagai laba ditahan," ujar Amril usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Transcoal Pacific dari Jakarta, Kamis (9/7).

Jumlah pembagian dividen ini tercatat lebih kecil dibandingkan dengan tahun buku 2018 yang tercatat sebesar Rp79,68 miliar, atau setara 30% dari laba bersih 2018 sebesar Rp265,6 miliar. Adapun dividen tahun lalu tercatat setara dengan Rp15,5 per saham.

Adapun mengenai dampak Covid-19 ke emiten yang bergerak di jasa penyewaan kapal dan angkutan barang ini, Amril mengatakan pihaknya mengalami penurunan penjualan akibat pagebluk ini. Sehingga, emiten berkode saham TCPI merevisi target perolehan laba bersih mereka tahun ini yang diperkirakan hanya Rp100 miliar.