Trik Tokopedia puaskan pelanggan lewat automasi dan AI

Tokopedia berdayakan pelanggan lewat inovasi teknologi self-service dan AI

Dokumentasi Tokopedia.

Marketplace Tokopedia bersama mitra strategis menggelar konferensi teknologi tahunan di bidang customer experience, START CX FIRST Summit 2023. Konferensi ini menjadi ajang berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta berjejaring, untuk meningkatkan kualitas strategi dan implementasi customer experience di berbagai industri. 

START CX FIRST Summit 2023 adalah salah satu program Tokopedia Academy. Konferensi yang membahas praktik terbaik customer experience ini menghadirkan puluhan pembicara, seperti pemimpin perusahaan, pemerintah, praktisi customer experience di industri ritel, teknologi dan telekomunikasi. Salah satu pembicara yang hadir adalah Chairman of Customer Service Experience Association Indonesia (CSEAI), Rudyanto H.P. Manullang.

Menurutnya, pelanggan kini memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap nilai tambah sebuah layanan. Karenanya, kemampuan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan sangat penting dikuasai oleh pemberi layanan, termasuk perusahaan. 

"Peran tim customer experience sangat diperhitungkan dan menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan," ungkapnya  dalam acara yang digelar secara hybrid, Selasa (12/9).

Ia pun mengapresiasi ajang START CX FIRST Summit 2023 karena inisiatif ini bisa membantu meningkatkan kualitas customer experience lintas industri. START CX FIRST Summit 2023 mengusung tema ‘Beyond Boundaries: Breaking Barriers to Amplify Customer Experience’. Siapa pun dapat mendaftar dan menyaksikan acara ini secara gratis melalui situs Tokopedia Academy.