Uji coba pembukaan Borobudur dan Prambanan berjalan lancar

Setidaknya masih ada tiga permasalahan yang ditemui di lapangan sekalipun prokes berjalan sesuai prosedur.

Candi Borobudur. Dokumentasi PT TWC Borobudur Prambanan Ratu Boko

Uji coba pembukaan Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Prambanan dengan penggunaan aplikasi PeduliLindungi diklaim berjalan dengan lancar. Wisatawan yang datang mengikuti petunjuk dan protokol kesehatan (prokes) sesuai dengan ketentuan.

General Manager (GM) PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), Putra Lelono, mengatakan, penerapan PeduliLindungi di kawasan Prambanan pun tidak mengalami hambatan signifikan.

"Untuk jaringan saat proses scan kode batang (barcode), alhamdulillah berjalan lancar, tidak ada gangguan jaringan di kawasan Prambanan yang sampai menghambat laju wisatawan," terangnya dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9).

Kendati demikian, masih ada tiga permasalahan yang ditemui di lapangan. "Wisatawan tidak punya handphone, tidak ada kuota untuk akses internet, dan membawa anak di bawah 12 tahun," lanjutnya.

Plt. GM Unit Borobudur dan Unit Manohara, Jamaludin Mawardi, menambahkan, ada beberapa tahap pemeriksaan yang harus dilakukan pengunjung selama masa uji coba. Saat memasuki pintu gerbang, akan ada proses penapisan (screening) oleh petugas keamanan bahwa mereka sudah divaksin.