Airlangga: Usai pandemi Covid-19, Indonesia siap hadapi tantangan ke depan

Banyak pelajaran dari pandemi Covid-19 yang dapat dijadikan bekal menghadapi tantangan ke depan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam laporannya di rapat koordinasi nasional Transisi Penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional, Kamis (26/1). (tangkapan layar youtube Kemenko Perekonomian)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, usai pandemi Covid-19 berlalu, banyak pelajaran yang bisa diambil oleh Indonesia. Pelajaran ini, menurutnya, bisa dijadikan pembelajaran dalam menghadapi tantangan serupa di masa mendatang.

Beberapa pelajaran yang dimaksud adalah pemerintah berani mengambil kebijakan “rem dan gas” dalam menyeimbangkan kehidupan dan penghidupan saat menghadapi pandemi Covid-19.

“Langkah kita terbukti optimal dibanding langkah yang diambil negara lain. Kita cukup berani ambil risiko, namun terukur,” tutur Airlangga dalam laporannya di rapat koordinasi nasional Transisi Penanganan Covid-19 dan pemulihan Ekonomi Nasional, Kamis (26/1).

Kedua adalah anggaran yang dinilai fleksibel dan akuntabel untuk mengantisipasi kondisi darurat di tengah ketidakpastian. Ketiga, ketersediaan data dan quality yang berperan penting dalam perumusan kebijakan.

Keempat, koordinasi intensif pemerintah pusat dan daerah, serta pelibatan seluruh elemen masyarakat. Adapun perumusan program Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah tidak boleh lagi bersifat business as usual atau secara standar setiap harinya.